Menegur Tanpa Tersinggung

Bagaimana ya cara agar bisa menegur orang tanpa buat ia tersinggung??? mungkin akhi dan ukhti semua nya pernah berfikir seperti itu. sebelum menegur orang lain ada hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu yaitu :
1. Identifikasi kekurangan diri sendiri
jikalau kita dalam masalah, haruslah terlebih dahulu memperbaiki diri sendiri bukan menyalahkan orang lain, maka barulah kita bisa menerapkannya pada orang lain.
2. Jadikan kesalahan orang lain sebagai cermin bagi diri sendiri
maksudnya adalah dimana kita jadikan kesalahan orang lain itu sebagai pelajaran bagi kita dan jangan sampai kita terjerumus dalam masalah yang sama.
Nah, sekarang baru kita bahas gimana caranya menegur orang lain, sebelumnya kalau menurut AA GYM cara menegur dan mengingatkan orang lain itu menggunakan rumus 2B2L yaitu Berani mengakui kelebihan dan jasa orang, Bijak terhadap kekurangan dan kesalahan orang, Lupakan jasa dan kebaikan diri, serta Lihat kekurangan dan kesalahan diri.
adapun kiat-kiat menegur orang lain yang efektif :
1. Menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi
jika kita ingin menegur orang maka lihatlah kondisi orang itu tersebut, jangan lah kita menegur mereka saat mereka dalam kondisi yang tidak tepat seperti dalam keadaan capek. maka jika kita menegur dalam keadaan tersebut maka hal itu akan sia-sia.
2. Janganlah menegur orang jika ia dalam keadaan marah dan lapar
itu karena jika kita menegurnya dalam keadaan tersebut maka akan membuat masalah semakin rumit, karena orang yang sedang marah atau lapar sangat sensitif/ mudah tersinggung sehingga rasa tersinggung itu akan menimbulkan perselisihan yang tidak diinginkan.
3. Pilihlah kata-kata yang sopan dan halus
karena dengan kata-kata yang sopan dan halus dalam menyampaikan teguran akan membuat orang tidak tersinggung akan teguran yang kita berikan, selain itu cara yang sopan dapat membuatnya serasa diperhaikan sehingga apa yang kita katakan tidak hanya untuk mengingatkan nya saja tetapi juga sekaligus menyadarkannya.
4. Berikan pujian/penghargaan secara proporsional jika ia mau mendengar dan menerima teguran kita karena itu akan membuat ia serasa dihargai.
5. Tidak menegur di depan umum
itu karena jika kita melakukannya didepan umum, maka hal tersebut akan membuatnya tersinggung.
6. Menegur itu boleh dan harus dilakukan
berusahalah untuk tidak terlalu sering memberikan teguran karena itu akan membuat orang jenuh. ada baiknya kita melakukan koreksi diri seandainya teguran kita tak membuahkan hasil.
7. Kesalahan yang sering kali dilakukan saat menegur orang lain adalah kita tidak bisa membedakan antara orang yang ditegur dengan kesalahan yang membuatnya ditegur.
ini memang sulit untuk dilakukan, tetapi cobalah untuk menghindari bersikap jengkel terhadap orang yang kita tegur sehingga teguran kita tidak bermakna sebagai pelampiasan dari kekesalan kita saja.
8. Redakan amarah terlebih dahulu sebelum menegur orang lain
karena kemarahan itu sangat sulit untuk ditutupi sehingga orang yang kita tegur nantinya akan merasa bahwa kita menegurnya hanya untuk memarahinya.
Selain itu, untuk lebih efektifnya dalam menegur orang lain (menurut Ishak), maka hal yang dapat kita lakukan adalah :
1. Luruskan niat karena Allah SWT
2. Bersikap adil dan tidak pilih kasih
3. Jauhkan pertolongan setan dari pelaku kesalahan
4. Temui pelaku kesalahan untuk berdiskusi
5. Menunjukkan belas kasih pada pelaku kesalahan
6. Menegur dengan nasihat baik dan berulang-ulang
7. Menegur kesalahan dengan menjelaskan hukumnya dan bahaya yang diakibatkannya
8. Menegur kesalahan berdasarkan dalil syar’i dan bukti
9. Hindari perdebatan
10. Memperbaiki pemahaman yang menyebabkan kesalahan
11. Membimbing untuk memperbaiki kesalahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s