Bahaya Lisan dan Manajemen Lisan


Rasulullah SAW bersabda :
“Barangsiapa yang bisa menjaga diantara kedua mulutnya dan diantara kedua lipat pahanya maka aku jamin ia masuk surga”

Dari hadis tersebut tersirat bahwa kita disuruh untuk menjaga diantara kedua mulut kita yaitu lidah dan diantara kedua lipat pahanya yaitu kemaluan nya maka ia akan dijamin masuk surga. Dari situ kita ketahui bahwa lisan itu berbahaya dan penting untuk itu kita jaga.
Nah, kar ena begitu bahaya nya lisan jika tidak kita jaga, maka tanggal 2 Desember 2011 kemarin diadakan keputrian di Mushalla Fakultas Kedokteran Universitas Riau dengan tema “ Bahaya Lisan dan Manajemen Lisan”.

Adapun hal-hal yang menyebabkan bahaya bahasa lisan adalah :
1. Mengatakan hal-hal yang tidak berguna
Karena mengatakan hal-hal yang tidak berguna ini, selain tidak ada manfaat nya kita juga akan menyia-nyiakan waktu hanya untuk berkata hal yang tidak berguna itu saja. Begitu juga sebaiknya kita meninggalkan hal-hal perbuatan yang tidak berguna. Lebih baik kita memanfaatkan waktu untuk berkata dan berbuat hal yang tidak berguna itu dengan hal-hal yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

2. Berbicara yang berlebihan
Ada baiknya kita berbicara itu seperlunya saja, tidak usah terlalu berlebihan.

3. Kata-kata yang mendekati kebatilan/kemaksiatan
Contohnya saja adalah berkata-kata dengan membuat rayu-rayuan sehingga membuat lawan jenis tertarik.

4. Berbantah-bantahan/ debat kusir
Sebaiknya kita hindari berbantah-bantahan dan ada baiknya kita mengalah karena setan itu akan senantiasa menginisiasi terus pertengkaran dan memberikan perasaan ingin menang dari orang lain. Oleh karena itu, hindarilah berbantah-bantahan atau sebagaimana yang tersirat dalam S: An-Nahl bahwa nasehatilah teman dengan cara yang baik, jika tidak bisa juga maka berdiskusilah/berdebatlah dengan cara yang baik.

5. Tertawa berlebihan dan bersenda gurau yang menyinggung perasaan orang lain
Jika kita hendak bercanda dengan orang lain, maka bercanda lah dengan candaan yang baik, yang tidak menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain, bercanda hal yang benar saja, tidak dibuat-buat/hal yang tidak ada, dan tidak bercanda tawa secara berlebihan karena itu akan mematikan hati.

6. Adu domba

7. Melaknat binatang, benda atau manusia
Contohnya saja berkata-kata kotor kepada orang lain ketika marah atau kesal, ketika tersandung. Nah, hal ini harus dihilangkan, berkatalah hanya hal-hal yang baik saja.

8. Bernyanyi dan bersyair
Yang dimaksud disini adalah nyanyian atau syair yang dapat membangkitkan orang untuk berbuat maksiat.

9. Berfasih-fasih (memerdu-merdukan suara)
Kita tidak boleh memfasih-fasih kan suara/membuat-buat suara, apalagi tujuan nya untuk menarik perhatian lawan jenis/seseorang.

10. Menyebarkan rahasia
Kita tidak boleh berkata-kata yang menyebabkan rahasia orang lain tersebar karena kita berkewajiban untuk menjaga rahasia seseorang. Adapun rahasia itu boleh diungkapkan jika :
– Kedua orang ini saling berselisih paham dan tidak dapat diselesaikan. Sehingga dengan terungkapnya rahasia itu dapat menyelesaikan selisih paham yang tengah ia hadapi.
– Ketika memberikan kesaksian kepada hakim
– Untuk amar ma’ruf nahi munkar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s