Manajemen Mood Terhadap Tingkat Keimanan

Baru-baru ini (24/11) bidang kaderisasi FOSMI Avicena mengadakan kembali Tasykif di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Taskif kali ini membicarakan bagaimana pengaruh manajemen mood terhadap tingkat keimanan kita yang langsung dibawakan oleh Ustad Roni.

Sebenarnya keimanan itu tidak tergantung dengan mood seseorang. Dalam hal ini, dimana kita beribadah kepada Allah SWT hanya kalau kita lagi mood saja. Jadi, jika tidak mood maka kita tidak beribadah? Itu adalah hal yang salah. Maka keimanan yang kita punya janganlah sampai goyah dengan perubahan-perubahan mood yang kita alami setiap harinya. Jangan sampai kita terhasut oleh mulut manis setan.

Untuk itu, ada 5 cara menjaga dan meningkatkan keimanan/ketaqwaan kita :
1. Mu’aqadah
Mengingat janji kita kepada Allah SWT. Didalam setiap sholat kita selalu mengucapkan janji kepada Allah, yaitu dengan mengucapkan kalimat syahadat. Adapun kandungan kalimat syahadat :

– Berani, yaitu berani mengambil sikap, berani menunjukkan mana yang benar dan tidak mundur didalam perjuangan

– Tenang, yaitu tidak akan gusar ketika ditimpa suatu masalah karena ia istiqamah dengan keimanannya, selalu memikirkan solusi apa yang dilakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapinya

– Optimis, yaitu berpikir bahwa kita akan berhasil

2. Muroqobah
Yaitu meyakini bahwa Allah SWT selalu berada dekat dengan kita dan selalu mengawasi kita sehingga kita tidak boleh ingkar janji kepada Allah SWT.

3. Mu’aqobah
Menghukum diri sendiri jika kita berbuat salah dan ingkar janji kepada Allah SWT. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara membuat target minimal/ kesepakatan seperti jumlah lembar Alquran yang dibaca setiap hari, jumlah infak setiap hari. Jika kita melanggar hal tersebut, maka kita akan menjalani hukuman yang telah kita tetapkan sendiri, misalnya menggandakan bacaan Alquran esok harinya.

4. Muhasabah
Mengevaluasi/ mengingat segala kesalahan yang telah kita perbuat pada hari ini. Bahkan kita bisa menangis menyesali segala perbuatan yang telah dilakukan.

5. Mujahadah
Bersungguh-sungguh dengan apa yang telah kita tetapkan.

Nah itulah beberapa hal yang dapat menjaga dan meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Semoga kita semua dapat mengamalkan nya dalam sehari-hari. Syukron ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s