Berguru kepada Semut

Buku berjudul Berguru kepada Semut, merupakan tulisan Prof. Dr. Nashir bin Sulaiman Al ‘Umar. Buku ini berisi hikmah dan pelajaran berharga dari salah satu makhluk kecil yang diciptakan Allah ‘azza wa jalla.
Salah satu hikmah yang ada di dalam buku ini adalah hikmah dari pertemuan semut dengan Nabi Sulaiman as dan tentaranya yang melewati sebuah lembah bernama wadi naml (lembah semut). Kisah ini diambil dari sebuah surah di Al-Quran yaitu surah An-Naml. Dikisahkan seekor semut memperingatkan kawan-kawannya tentang kedatangan pasukan Nabi Sulaiman as ke lembah tersebut agar semut-semut lain tidak terinjak oleh pasukan tersebut tanpa disadari. Dari kisah ini, dapat diambil hikmah, bahwa seekor semut saja tidak hanya menyelamatkan dirinya sendiri namun juga mencoba menyelamatkan teman-temannya dari injakan pasukan Nabi Sulaiman as. Selain itu, semut tersebut juga tidak berprasangka buruk terhadap Nabi Sulaiman dan pasukannya, dengan perkataan “tanpa mereka sadari”. Luar biasa bukan?
Banyak hikmah lain dari seekor semut yang disampaikan di dalam buku “Berguru kepada Semut” ini. Mudah-mudahan bisa disampaikan pada posting berikutnya atau miliki sendiri bukunya dan gali hikmah dan pelajaran yang berharga dari makhluk kecil bernama semut. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s